Sabtu, 27 Juni 2015

Gout dan Asam Urat

Gout merupakan salah satu dari 10 jenis artritis yang sering dijumpai, terutama pada orang dengan obesitas. Secara harfiah "Arthritis" berarti radang atau inflamasi sendi, berupa gejala nyeri, bengkak serta terbatasnya gerakan sendi.

Gout menyebabkan rasa nyeri atau rasa terbakar yg mendadak, kekakuan dan pembengkakan sendi, biasanya pada jempol kaki. Gejala ini akan terus berlanjut selama gout.nya tidak diobati. Lama kelamaan hal ini dapat merusak sendi, tendon, otot dan jaringan sekitarnya.

Gout on big toe and ankle

Gout tidak sama dengan asam urat. Gout disebabkan oleh gangguan metabolisme asam urat di dalam tubuh, sehingga kadar asam urat dalam darah jadi terlalu tinggi dan membentuk kristal-kristal keras dalam sendi lalu menyebabkan radang. Banyak orang dengan kadar asam urat yg tinggi tapi tidak menderita gout. Sedangkan asam urat adalah hasil dari penguraian purin olen enzim xantine oksidase

Purin adalah salah satu komponen pembentuk DNA yg sangat dibutuhkan sel-sel tubuh. Purin terdapat di hampir semua makanan, terutama yang mengandung protein spt jeroan, daging merah, seafood, ragi, anggur, kacang-kacangan,  dan cokelat, karena purin merupakan zat alami yg dimiliki setiap makhluk hidup. Purin juga terdapat di minuman beralkohol, terutama bir. Oleh karena itu, orang dengan kadar asam urat yg tinggi tidak boleh minum minuman beralkohol.. bisa dibayangkan bagaimana jadinya kan? >=) 

Asam urat memang menyebabkan sakit, tapi bukan berarti zat ini tidak perlu.. Di dalam darah, asam urat berfungsi sebagai antioksidan dan mencegah kerusakan pada  lapisan pembuluh darah. Mengatur pola makan dan berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi, serta banyak minum air dan berolah raga dapat menghindarkan kita dari serangan gout.

Kandungan Purin Dalam Makanan
To be continue....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar